September 2021
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
27282930  

Categories

si kecil Guppy

Ikan Guppy dengan nama latin Poecilia reticulate adalah ikan yang berasal dari Amerika Tengah dan Selatan ini adalah salah satu ikan hias air tawar berukuran kecil. Warnanya yang indah banyak dicari oleh pecinta ikan hias. Tidak hanya untuk sebagai penghias aquarium tapi juga banyak yang membudidayakannya karena tergolong mudah dan murah.

Jenis-Ikan-Guppy-dan-Harganya
Mungkin saya gak terlalu detail menjelaskan sejarah ikan guppy, yang jelas pertama kali masuk ke Indonesia pada tahun 1920 sebagai ikan aquarium (jadi bukan ikan asli Indonesia). Namun ikan ini mulai dilepas di perairan bebas karena diharapkan sebagai pembasmi larva nyamuk (jentik). Namun tidak seperti yang diharapkan karena ukuran dari ikan guppy ini terlalu kecil untuk memakan jentik nyamuk.
Pemijahan ikan guppy bisa dibilang mudah, sederhananya hanya menyiapkan 3 wadah (baskom), 1 untuk pemijahan, 2 untuk masa kehamilan, 3 untuk masa pembesaran. Siapkan 2 ekor guppy jantan dan 5 atau 6 ekor guppy betina (baiknya sih sejenis buat menghasilkan keturunan yang bagus). Tapi untuk menghasilkan keturunan yang lebih baik lagi perlu perlakuan khusus untuk pengembang biakannya. Medianya juga harus diperhatikan lagi (bisa liat blog – blog tentang guppy yang udah master hehe).
Saya nulis tulisan ini cuma karena hobby dan belajar nulis aja tapi pengen weh atuh bagi – bagi informasi yang saya punya hehe.
Lanjut ke tulisan yee. Jangan aneh kalo ngemijahin guppy eh guppy nya ga bertelur. Karena ikan guppy adalah jenis ovovivivar yaitu bertelur didalem perut dan nanti ngelahirin kaya manusia hahah :p
Senengnya melihara ikan guppy itu ngeliat buntutnya yang gede jadi berenangnya aga aneh. Mungkin ini ada video ikan guppy sedang berenang dan melahirkan, barangkali ada dari yang baca blog saya yang belum tau. Oh ya video ini juga sebagai penutup tulisan saya, mohon maaf ya kalo tulisannya acak – acakan saya merasa ko karena kata senior saya nulis itu tergantung jam terbang, jadi mumpung ada waktu kosong sambil belajar nulis dan belajar blogging. Oke terimakasih bagi pembaca, jangan lupa komentar apapun itu.

Nyebrang atau Balap Lari?

Pendidikan di Indonesia sepertinya perlu dipentingkan lagi, bisa berbicara seperti ini karena sayah melihat suatu kejadian yang bikin hati keheul.httpwww.ipeka.orgpolantas-hari-kasih-sayang

Tadi siang jam 2, sayah melewati jalan Sukajadi atas dan melihat 3 orang siswa sekolah dasar hendak menyebrang. Yang membuat kesal adalah 3 orang siswa itu menyebrang dengan “gaya siap akan berlari ketika lomba” <– ancang – ancang. Tentu saja membuat sayah kaget dan agak mengerem mendadak, tapi mereka tidak jadi menyebrang.

Lantas apa hubungannya dengan pendidikan di Indonesia? begini.. seingat saya ketika di sekolah dasar, saya belajar mentaati peraturan berlalu lintas dalam mata pelajaran PPKN. Namun saya tidak mendapatkan contoh secara prakteknya oleh guru, padahal sekolah mengadakan wisata ke Taman Lalu Lintas. Dan hasilnya dengan kepolosan saya membuat saya kurang memahami tertib lalu lintas itu seperti apa.

Walau ingatan saya kurang bagus, tapi dikit – dikit mah ingat bahwa pendidikan yang baik itu adalah memberikan teori serta penerapannya (tentunya tidak untuk materi – materi tertentu). Apa mungkin hal seperti menaati peraturan berlalu lintas tidak begitu penting sampai saya kuliah belum ada lagi pendidikan berlalu lintas dengan baik dan benar. Haruskah kepolisian memberikan sosialisasi secara berkala untuk menyadarkan masyarakat akan pentingnya berlalu lintas? <– sepertinya sedikit kemungkinan terealisasikan. Let’s discuss this issue

Padahal keselematan berlalu lintas itu sangatlah penting, mengingat Indonesia adalah negara kemacetan dan pemilik kendaraan yang lumayan banyak. Banyak sekali berita kecelakaan di televisi tapi tidak bisa menggugah hati kita bahwa pendidikan berlalu lintas itu sangat penting.

Sepertinya isu tentang lalu lintas bisa dikaji bersama – sama agar menghasilkan solusi yang maslahat.